Cara Yang Benar Menghilangkan Lendir Lidah Buaya Hingga Siap Diolah

Cara menghilangkan lendir lidah buaya. Cara yang benar menghilangkan lendir lidah buaya sebelum dimanfaatkan.

Sebagaimana kita ketahui, tanaman lidah buaya atau yang biasa dikenal dengan sebutan aloevera merupakan jenis tanaman yang memiliki banyak manfaat, dari pengobatan, kecantikan hingga pemanfaatan untuk minuman segar. Namun untuk menggunakannya, sebelumnya kita harus menghilangkan lendir getah lidah buaya tersebut.

Terutama dalam hal mengolah lidah buaya menjadi minuman untuk dikonsumsi, kita harus tahu cara menghilangkan lendir lidah buaya agar tidak berasa pahit. Berikut ini adalah langkah - langkah cara menghilangkan lendir lidah buaya hingga siap digunakan :

Cara 1 menghilangkan lendir lidah buaya :
  • Pilih daun lidah buaya yang berdaging tebal
  • Kupas kulit sedikit tebal sehingga tersisa daging yang berwarna putih transparan.
  • potong kecil-kecil.
  • Rendam di dalam air matang yang telah ditambah 0,025% garam dan 0,025% asam sitrat.
  • Biarkan selama 2 jam, cuci dan tiriskan.
  • Cara ini efektif menghilangkan lendir lidah buaya. sehingga siap diolah lebih lanjut, misalnya dibuat puding lidah buaya

Cara 2 menghilangkan lendir lidah buaya :
  • Kupas dan potong-potong daging lidah buaya
  • Cuci dan remas-remas potongan daging lidah buaya tadi di dalam air garam.
  • Setelah lendirnya hilang, rendam dalam air kapur sirih atau tawas agar diperoleh tekstur gel yang     lebih keras dan kenyal.
  • Cuci bersih dan gel siap digunakan. 
  • Cara ini juga efektif menghilangkan lendir lidah buaya, sehingga siap diolah lebih lanjut.


TIPS MEMILIH LIDAH BUAYA YANG BAGUS

Potonglah daun yang tumbuh di bagian paling luar dari tanaman lidah buaya. Daun di
cara menghilangkan lendir lidah buaya
bagian tersebut biasanya telah tumbuh membesar atau menebal dan lebih matang, serta banyak mengandung gel dalam kondisi yang masih baik dan segar. Pilihlah daun yang tumbuh di bagian paling luar dari tanaman lidah buaya dengan pangkal yang langsung tumbuh dari tanah. Gunakan pisau yang tajam untuk mendapatkan potongan yang rapi di sekitar pangkal tanaman. Baca juga : manfaat lidah buaya untuk wajah .

Karena sifat gel lidah buaya yang mudah rusak, jangan buat dalam jumlah yang banyak sekaligus, kecuali jika Anda berencana untuk membagi-bagikannya. Potonglah 1 atau 2 buah daun lidah buaya yang berukuran besar dan seharusnya daun tersebut akan cukup untuk menghasilkan gel sebanyak 120-240 ml. Terutama jika umur tanaman Anda masih muda, berhati-hatilah untuk tidak memotongnya sampai benar-benar habis sekaligus. Memotong semua daun yang tumbuh di bagian paling luar dapat merusak tanaman.

Keluarkan resin dari daun dengan mendiamkannya di dalam mangkuk selama 10 menit. Letakkan daun di dalam mangkuk dengan posisi tegak lurus dan biarkan resin yang berwarna kuning gelap mengalir keluar sampai habis. Resin tersebut mengandung getah yang dapat menyebabkan iritasi ringan pada kulit. Oleh karena itu, sebaiknya Anda mengeluarkan semua resin dari daun agar tidak tercampur dengan gel Anda.