Ciri - Ciri Tumbuhan Lidah Buaya Yang Wajib Anda Ketahui

Ciri ciri lidah buaya berikut ini wajib anda ketahui, yang membedakan dengan jenis lainnya.

Ada banyak tanaman yang mirip dengan bentuk fisik lidah buaya, terkadang inilah yang sering membuat orang menjadi ragu apakah yang dilihatnya itu adalah tanaman lidah buaya. Apalagi jika tujuannya adalah untuk dikonsumsi seperti mau dibuat puding lidah buaya, tentu kita harus berhati - hati. Itulah perlunya mempelajari ciri - ciri lidah buaya.

Ciri - ciri tumbuhan lidah buaya sebenarnya khas sekali sehingga walaupun ada jenis tumbuhan yang mirip dengan lidah buaya, ada beberapa bagian berbeda sama sekali. 

Sebelum saya menguraikan tentang ciri - ciri lidah buaya, ada baiknya kita lebih mengenal dulu tentang lidah buaya. Seiring dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, manfaat tanaman lidah buaya berkembang sebagai bahan baku industri farmasi dan kosmetika, serta sebagai bahan makanan dan minuman kesehatan.

Secara umum, lidah buaya merupakan satu dari 10 jenis tanaman terlaris di dunia yang mempunyai potensi untuk dikembangkan sebagai tanaman obat dan bahan baku industri di bidang produk kecantikan.

Berdasarkan hasil penelitian, tanaman ini kaya akan kandungan zat-zat seperti enzim, asam amino, mineral, vitamin, polisakarida dan komponen lain yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Disamping itu saat ini lidah buaya juga telah dimanfaatkan sebagai bahan baku industri makanan dan minuman kesehatan.

Aloe vera / lidah buaya mengandung semua jenis vitamin kecuali vitamin D, mineral yang diperlukan untuk fungsi enzim, saponin yang berfungsi sebagai anti mikroba dan 20 dari 22 jenis asam amino. Dalam penggunaannya untuk perawatan kulit, manfaat lidah buaya termasuk multi fungsi, Lidah buaya dapat menghilangkan jerawat, menghilangkan bekas jerawat, melembabkan kulit, detoksifikasi kulit, penghapusan bekas luka dan tanda, mengurangi peradangan serta perbaikan dan peremajaan kulit. Lidah buaya juga mengandung asam folik yang melindungi sistem kekebalan tubuh dan kesehatan tubuh yang seringkali terefleksi pada kulit.


CIRI - CIRI TUMBUHAN LIDAH BUAYA

Jikadi atas telah disebutkan bahwa ada beberapa tanaman yang mirip sekali dengan lidah buaya, tentu yang membuat anda penasaran adalah sebenarnya apa sih ciri - ciri tanaman lidah buaya itu?

Agar tidak keliru dengan jenis tanaman lainnya, berikut ini saya uraikan ciri - ciri khusus tumbuhan lidah buaya yang perlu anda ketahui :
  • Bagian tepi daunnya berduri
  • Berlendir
  • Daunnya tebal
  • Bentuk daunnya mirip tombak
  • Mampu bertahan hidup di tempat yang kering
  • Ada bercak di daunnya
  • Berakar serabut
  • Batang lidah buaya berserat
  • Bau getah/lapisan lilin/lendirnya kurang sedap ( bau langu )

ciri - ciri tumbuhan tanaman lidah buaya



DI BAWAH INI AKAN MEMPERJELAS CIRI - CIRI LIDAH BUAYA

Penjelasan tambahan tentang lidah buaya berikut ini juga akan melengkapi ciri - ciri lidah buaya di atas :

1. Lidah buaya mempunyai struktur akar, batang, daun dan bunga. Morfologi daun lidah buaya melengkapi ciri - ciri tumbuhan lidah buaya di atas, berbentuk seperti tombak dengan helaian yang memanjang berupa pelepah yang panjangnya bisa mencapai kisaran 40-60cm, lebar pelepah bagian bawah 8-13 cm dan tebal antara 2-3 cm.

2. Morfologi batang lidah buaya tidak terlihat jelas, bentuk daunnya lebar dibagian bawah dengan pelepah bagian bawah cembung, lebar sekitar 6-13 cm dengan duri berjajar di bagian pinggir daun. Tinggi bunga sekitar 25-30 cm dan tinggi tangkai bunga 60-100 cm, bunga berwarna kuning.

3. Lidah buaya mempunyai getah yang keluar saat daun dipotong. getah  ini berbentuk cair, berwarna kuning dan rasanya pahit. Jika disayat, gel lidah buaya akan keluar dari bagian dalam daun setelah getah dikeluarkan.

4. Daun lidah buaya termasuk jenis daun tunggal. Daunnya berdaging tebal, tidak mempunyai tulang, berwarna hijau keabu-abuan dan mempunyai lapisan lilin di permukaan daunnya. Daun lidah buaya juga bersifat sukulen, yaitu kandungan air, getah dan lender yang mendominasi daun.

5. Bagian atas daun lidah buaya rata dan bagian bawahnya cembung (membulat). Daun lidah buaya muda mempunyai bercak berwarna hijau hingga putih yang akan hilang ketika daun lidah buaya tumbuh dewasa.


Ada lebih dari 350 jenis lidah buaya yang termasuk dalam family Liliaceae, tetapi hanya 3 jenis saja yang dibudidayakan secara komersil di dunia yaitu, Aloe vera atau Aloe barbadensis Miller, Cape aloe atau Aloe ferox Miller dan Socortrine aloe atau Aloe perry Baker.

Dari ketiga jenis lidah buaya di atas, spesies Aloe vera yang sering dimanfaatkan oleh manusia. Alasannya karena spesies ini mempunyai banyak keunggulan seperti, tahan hama, ukurannya dapa mencapai 120 cm, berat per batangnya bisa mencapai 4 kg, mengandung banyak nutrisi serta aman dikonsumsi.